Selamat Ulang Tahun bumi....:)




mungkin gue agak terlambat publishin tulisan tentang hari ulang tahun bumi ke 2012 yang sudah disepakati manusia. entah bumi mau atau tidak disepakati seperti itu, tapi apa daya, bumi gak bisa protes tentang apapun yang disepakati manusia tentang dirinya termasuk juga persoalan umurnya sendiri. untung aja gue gak jadi bumi. bayangin aja, lo jadi tempat yang nampung banyak orang dan orag-orang yang lo tampung bakal dengan seeenak jidat bakal melakukan kesepakatan-kesepakatan soal diri lo. gak punya prikebumian banget gitu loh.

perayaan hari ulang tahun bumi inipun dilakukan dengan berbagai cara oleh berbagai jenis manusia yang ada di punggungnya.
mulai dari niup terompet, pasang petasan, pesta topeng sampai dengan dugem to the max.

pernah mikir gak sih kalo apa maunya bumi saat dia ulang tahun?
pernah gak sih kita mikir kalo bumi juga punya keinginan-keinginan untuk dirinya kedepan setelah dia ulang tahun?
pernah mikirin perasaannya bumi gak sih yang pas ulang tahun malah disodorin petasan yang bakal bikin global warming tambah cepet?

kita selaku makhluk tuhan paling egois malah gak pernah mikirin masalah itu. kita justru mikir bahwa bumi adalah pelengkap hidup kita.
hallo? kalo bumi itu pelengkap hidup kita, itu artinya kita gak lengkap tanpa bumi. kita ganjil tanpa dia.

bumi mungkin punya beberapa keinginan yang baik untuk dirinya dan untuk kita juga. layaknya manusia, bumi juga ingin dirawat. sama halnya dengan bersolek pada wanita, bumi juga ingin mempercantik dirinya. tidak dengan jutaan sampah yang kita buang sembarangan tiap harinya, tapi dengan jutaan pohon yang dia harap bisa kita tanam di punggungnya agar tidak membuat kulitnya kekeringan hingga ia merasa minder terhadap planet lain yang tidak ada penghuninya namun justru lebih baik daripada dia.

bumi juga mungkin pernah punya mama sama papa. bahkan mungkin bumi punya kakak dan adik yang harus dia biayai. seperti halnya manusia, ketika kita ingat keluarga kita, kita akan selalu mendoakan yang terbaik untuk mereka. tapi apa pernah pada saat bumi ulang tahun dan kita mendoakan dia beserta keluarganya?
gak sama sekali.
saat bumi ulang tahun kita malah asik di punggungnya, melakukan hal-hal yang mungkin dia gak suka mulai dari masang petasan sembarangan sampai dengan ngadain lomba ciuman terlama buat nyambut ulangtahunnya.
kita ngelakuin apa yang kita suka saat bumi ulang tahun. kita gak pernah mikirin dan bahkan kita gak mau peduli apa yang sebenarnya diiinginkan bumi.

coba aja tiap ulang tahunnya bumi ada gerakan tiap orang mungutin lima sampah di sekitarnya, mungkin kota besar gak bakalan banjir kalo lagi musim hujan gini.

akhir kata, di tahun 2012 ini gue janji sama diri gue sendiri, gue gak bakal ngebiarin sampah dibuang sembarangan melalui tangan gue. gue bakal mulai buang sampah pada tempatnya dari diri gue sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Presiden Kelinci © 2012 | Muda, Bermutu dan Selera Semua Umat
Redesigned by @sleepingpasa