enaknya jadi orang kampung di kota orang


become a minority of a big city.
mungkin kebanyakan orang yang dibilang orang kampung kalo dateng ke kota bakal ngerasa terhina, tertindas, terintimidasi, terkoyakkan batinnya, termakan buaya hatinya, terus pesan spicy burger gak pake lama yah mas? loh kok?

yah, memang sudah hukum alam bahwa orang kampung yang merantau ke kota besar akan selalu berusaha bergaya sekota-kotanya agar terlihat seperti orang kota dan bukan imitasi. itulah yang gue lakuin sekarang.
gue yang pada awalnya gak tau giman caranya pake eyeliner, udah mulai kayak cacing kepanasan kalo keluar rumah tanpa eyeliner.
begitupun dengan cara berpakayan gue.
cara gue ngomong juga udah ikut-ikutan kayak orang-orang di sekitar gue.
kata sodara gue sih harus belajar bahasanya mereka, biar kalo gue beli buah bakal dikasih kalo nawar. hubungannya apa coba?

akhir-akhir ini, perubahan yang aling gue sadari adalah gue lebih sering menggunakan bahasa daerah gue di daerahnya orang dibandingkan dengan di daerah gue sendiri.
dan tahu gak sih lo?
ternyata ada sisi menyenangkan juga dimana lo jalan sama teman sekampunglo, terus lo ketemu banyak orang yang tentunya gak bakalan ngerti apa yang lo omongin.
seru aja rasanya. kek pake bahasa rahasia.

misalnya gini. gue lagi jalan sama sodara gue ke mall. terus gue ngeliat ada orang yang agak aneh tampilannya atau apapun yang menarik perhatian gue,
maka gue tinggal ngomong aja ke sodara gue pake bahasa daerah gue "indeayka tatua e, kasi'ah. dia' bi' moingu' pamuna bo mamangoi ambe".
kalimat dalam tanda kutip di atas artinya : "liat deh, kasian banget sih tuh orang. kayak orang gak pernah mandi".

dan begitu pula seandainya kita lagi di taksi. gue biasanya ngomong gini " dia'annya don mea' onda dega' kita na'a ma?"
artinya : "mau dibawa kemana kita nih?"

pokonya gue ngerasa asiiikk banget punya bahasa daerah ue sendiri.
gue jadi bersyukur daerah gue kecil jadi gak banyak orang yang tau bahasanya.
gue bisa ngomong apaa aja. semau gue deh.
jadi bersyukur banget punya Negara yang banyak suku di dalamnya. yah meskipun gue sadar kalo gue suka ngomongin orang pake bahasa daerah gue, itu artinya kalo gue ketemu orang yang ngomong pake bahasa daerahnya duduk di samping gue,
ada kemungkinan besar mereka lagi ngomongin gue.
tapi bodo' ah.

intinya gue seneng banget punya bahasa daerah gue.
dan buat kalian yang tinggal di daerah terpencil kek gue, jangan malu. bersyukurlah. karena itu membawa banyak keuntungan *devilface*

0 komentar:

Posting Komentar

 

Presiden Kelinci © 2012 | Muda, Bermutu dan Selera Semua Umat
Redesigned by @sleepingpasa